Minggu, 10 Agustus 2014

Tim Jokowi Makin Yakin Gugatan Prabowo Ditolak MK, Mengapa?

Xlarge_feb-aik-pemilu2014-kuasa-hukum-jokowi-jk-yakin-gugatan-prabowo-ditolak-mk_-mengapa-antarafotodotcom

Tim Jokowi Makin Yakin Gugatan Prabowo Ditolak MK, Mengapa?


Jakarta – Usai sidang kedua gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pilpres, tim kuasa hukum Jokowi-JK makin yakin MK bakal menolak gugatan Prabowo-Hatta. Mengapa?
Pada persidangan PHPU kedua yang digelar di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), kubu Prabowo-Hatta menghadirkan 25 saksi dari DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Jawa Tengah. Namun menurut Taufik Basari, kuasa hukum Jokowi-JK, keterangan para saksi tak berkekuatan hukum.
"Yang berbobot dan bernilai dalam persidangan ini justru dari keterangan saksi. Kami semakin yakin permohonan (Prabowo-Hatta) ini akan ditolak," kata Taufik Basari, usai mengikuti persidangan gugatan Prabowo-Hatta, pada Jumat malam (8/8/2014).
Menurutnya, saksi yang dihadirkan kubu Prabowo-Hatta belum mampu menunjukkan bukti konkret di depan majelis hakim, terutama terkait daftar pemilih khusus tambahan (DKPtb) yang dipermasalahkan kubu Prabowo-Hatta.
Taufik juga menilai, keterangan saksi lemah di mata hukum. Sebab, para saksi yang dihadirkan hanya memberi keterangan berdasarkan laporan warga tanpa dilampiri bukti dokumentasi dan sebagainya.
"Kalau lihat saksi seperti ini, kita akan pilih lagi mana saja yang relevan. Kalau tidak perlu, ya saksinya tak perlu dihadirkan. Ini malah memperingan beban kami,” imbuhnya.
Hal senada juga dilontarkan oleh Adnan Buyung Nasution, kuasa hukum Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dia mengatakan, permohonan kubu Prabowo-Hatta dalam sidang gugatan hasil Pilpres di MK tidak konkret.
Dicontohkan, kubu Prabowo-Hatta menyebut ada sekian persen suara yang benar untuk mereka di DKI Jakarta, tapi tidak dijelaskan secara detail.
"Harusnya dijelaskan X itu dari mana, di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS), kabupaten sampai tingkat provinsi, musti dijelaskan, tidak umum saja. Diambil dari langit begitu, ada uraiannya lah," ujar Adnan di Gedung MK, Jakarta, pada Jumat (8/8/2014).
Karena itulah dia mengaku pesimis gugatan Prabowo-Hatta akan dikabulkan MK. Terlebih Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) sudah menyatakan tidak ada penyimpangan.
Kalaupun dikabulkan MK, kata Adnan, hanya akan ada pemilihan ulang di beberapa daerah saja dan bukan seluruh provinsi seperti permintaan kubu Prabowo-Hatta. (yt astuti/ bim)
Source : http://www.nefosnews.com/post/pemilu-2014/tim-jokowi-makin-yakin-gugatan-prabowo-ditolak-mk-mengapa

0 komentar :

Posting Komentar

Blogroll