Rabu, 06 Agustus 2014

Ahok: Di Jakarta, Pengemis Minta-minta buat Bikin Rumah di Kampungnya

 

 

Kompas.com/Kurnia Sari AzizaWakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama melepas mudik bareng PGN, di Silang Barat Monas, Jakarta, Jumat

Ahok: Di Jakarta, Pengemis Minta-minta buat Bikin Rumah di Kampungnya

 JAKARTA, KOMPAS.com — Rupanya ada alasan lain mengapa Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berani membongkar bangunan liar di Jakarta. Hal ini terkait dengan "penelitiannya" soal pengemis di Jakarta.

Selama dua kali menjalani Ramadhan di Jakarta, Basuki mengaku melihat masjid tidak pernah penuh oleh para pengemis. Mereka lebih suka di luar masjid menunggu santunan para jemaah maupun mengemis di tempat lain.

Saat buka puasa dan sahur bersama, kata pria yang akrab disapa Ahok ini, lebih banyak para pekerja yang datang ke masjid, seperti sopir taksi dan pegawai kantoran.

"Artinya, di Jakarta ini tidak ada pengemis makanan. Kalau dia pengemis makanan, dia bakal nongkrong di masjid untuk makan buka dan sahur. Pengemis kita itu pengemis yang buat rumah di kampung," ujar Basuki di Balaikota Jakarta, Selasa (5/8/2014) malam.

Oleh karena itu, kata dia, Pemprov DKI bakal semakin gencar menertibkan para penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) yang menyebar di Ibu Kota. Sebab, para PMKS itulah yang memunculkan bangunan liar di atas lahan negara. Apabila mereka yang telah ditertibkan kembali datang ke Jakarta, akan dipidana.

"Dia ngerti, kok, karena dia bukan orang kelaparan. Kalau punya rumah di kampung, mau enggak balik lagi pas tahu dipidana? Enggak mau. Paling sumpahin saya dalam hati, enggak mau pilih saya lagi di pilkada," kata Basuki.

Editor : Ana Shofiana Syatiri

0 komentar :

Posting Komentar

Blogroll